Nokia(Ist)

CEO Nokia: “Pengguna Ponsel Cerdas Akan Berkurang Di Tahun 2030”

Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat modern. Smartphone bukan hanya sekedar alat komunikasi, melainkan alat penting yang menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

Hal inilah yang membuat smartphone seolah menjadi kecanduan banyak orang saat ini. Namun, ketergantungan pada smartphone diperkirakan akan menurun secara signifikan pada dekade berikutnya atau 2030.

Hal ini sudah diprediksi oleh Chairman dan CEO Nokia Pekka Lundmark. Jadi apa alasan Lundmark?

Menurut Lundmark, komersialisasi jaringan 6G akan menandai titik balik dalam penggunaan besar-besaran smartphone. Pada tahun 2030, Internet generasi keenam diharapkan akan dikomersialkan.

Lundmark percaya bahwa dengan 6G, orang akan lebih suka menggunakan perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar, gelang pintar, kacamata pintar, dan lainnya untuk berperan sebagai ponsel pintar.

Artinya smartphone bukanlah perangkat yang umum digunakan seperti sekarang ini, karena orang lebih suka menggunakan wearable atau perangkat elektronik lain yang menempel di tubuh mereka.

Namun, Lundmark tidak merinci jenis wearable atau perangkat elektronik apa yang bisa menggantikan lokasi dan peran smartphone pada 2030, seperti yang dijelaskan KompasTekno dari Giz China, Selasa (31 Mei 2022).

Sedikit tentang jaringan 6G. Jaringan ini sudah berdiri sejak 2018 di China. Namun, pengembangannya bisa memakan waktu lama karena dunia masih fokus pada komersialisasi 5G saat ini.

Presiden dan CEO Nokia Nokia.

Mundur teratur dari pasar smartphone

Lundmark tidak menjelaskan di mana prediksinya dapat disimpulkan. Ada kemungkinan prediksi itu salah.

Namun yang jelas, Nokia sendiri sudah mulai menarik diri dari pasar smartphone.

HMD Global, pemberi lisensi resmi merek Nokia, mengumumkan pada bulan Maret bahwa mereka akan berhenti merilis smartphone unggulan, yang juga dikenal sebagai ponsel kelas atas.

Baca Juga :  Cara Menghapus Cookie Di Firefox Di PC Dan Seluler

Sebagai gantinya, HMD Global telah memutuskan untuk fokus menawarkan ponsel berfitur terjangkau dan smartphone di segmen entry-level dan mid-range.

“Tidak masuk akal bagi kami untuk membuat telepon seharga $800 sekarang,” kata Adam Ferguson, kepala pemasaran produk untuk HMD Global, yang diterbitkan oleh Android Authority. HMD tidak ingin mengobarkan perang spek besar dengan pemain lain.

Sumber Artikel : https://tekno.kompas.com/read/2022/05/31/10300057/bos-nokia-sebut-pengguna-smartphone-makin-sedikit-2030

Leave a Reply

Your email address will not be published.